Selasa, 11 Maret 2008

TIP AGAR BURUNG RAJIN BERKICAU


Salah satu hal yang menjengkelkan bagi pecinta burung adalah burung tidak mau bunyi. Mungkin tip ini bisa memberikan obat buat anda yang lagi bingung mencari jawaban permasalahan tersebut.



          1. Pastikan burung anda dalam keadaan sehat. Hal itu dapat dilihat dari tingkah laku dan kotoran burung tersebut. Burung cucakrawa yang sehat berperilaku agak liar dan tidak malas. Sedangkan kotoran burung yang sehat yaitu tidak encer /mencret dan berwarna sesuai makanannya. Bila diberi makan pelet hijau maka kotoran harus hijau bukan putih.

          2. Jemur burung mulai jam 7-9 pagi setiap hari supaya burung tidak kutuan dan bisa bergarak lincah. Sediakan air yang cukup untuk mandi atau mandikan dulu baru dijemur.

          3. Pastikan setiap hari burung memakan extra fooding berupa jangkrik atau kroto. Tapi saya sarankan kasih jangkrik pagi 4 sore 4 biji untuk menghangatkan badan. Pemberian extra fooding yang berlebihan membuat burung sangat birahi dan bulunya menjadi kusam.

          4. Carikan pasangan baik jantan maupaun betina untuk merangsang berkicau ( saling bersautan ) tetapi jangan yang betul betul jadi ( umur diatas 3 th ) karena secara mental burung kita pasti kalah., dan jadi macet.

          5. Tambahkan mineral pada air minum dan ganti setiap hari.

          Dengan mengikuti uraian diatas semoga burung cucakrawa anda bisa berkicau lagi dan semakin rajin berkicau. Selamat Mencoba

          Tidak ada komentar: